Senin, 29 April 2013

Ukuran Kinerja Non Keuangan

12.4 Ukuran Kinerja Non Keuangan ROI merupakan salah satu ukuran kinerja keuangan yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan transnasional , disamping ukuran kinerja berdasarkan anggaran.Kinerja keuangan lain,meskipun tidak relative tidak banyak digunakan,diperlukan agar dapat dilakukan evaluasi yang mampu memotivasi manajer untuk bertindak sesuai dengan visi dan misi.Sebelum tahun 1990 umumnya kinerja manajer hanya diukur berdasarkan perspektif keuangan.Kinerja keuangan diukur berdasarkan informasi yang dihasilkan dari sistem akuntansi berjangka pendek,sehingga pengukuran kinerja yang berbasis keuangan lebih berfokus pada perwujudan jangak pendek dan mengabaikan perwujudan jangka panjang. Pada tahun 1990 , David P.Norton menyeponsori studi “Pengukuran Kinerja dalam Organisasi Masa Depan”. Hasil studi tersebut menunjukan bahwa untuk mengukur kinerja manajer dimasa depan diperlukan ukuran komprehensif yang meliputi empat perspektif,yaitu : keuangan,pelanggan,proses bisnis/internal,serta pembelajaran dan pertumbuhan. Beberapa ukuran non keuangan yang penting adalah pangsa pasar,kepuasan nasabah,semangat karyawan,pengembangan karyawan,produktivitas,kinerja pengiriman,pengakuan nama,dan hubungan dengan pemerintah tuan rumah. Ukuran-ukuran non keuangan yang lain uamh tidak kalah penting adalah yang berkaitan dengan kinerja lingkungan dan relasi masyarakat Karena perusahaan multinasional merupakan subyek kritik yang terus meningkat sehubungan dengan masalah lingkungan tersebut.Manfaat penting dari ukuran-ukuran non keuangan adalah bahwa ukuran-ukuran tersebut dapat dilaporkan secara tepat waktu dan problem-problem yang diidentifikasi dapat segera dibahas segera sebelum problem-problem mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar